Toilet training

Hai semua gimana kabarnya? Semoga baik2 selalu ya ๐Ÿ˜Š

Kali ini gw mau ngebahas soal toilet training nya Celine, sebelumnya sorry banget ya kalau lagi2 soal anak yg gw bahas hehehehehe maklumin ya namanya juga udah ibu2 gini jadi perhatian no 1 ya anak ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

Awalnya gw niat maju-mundur buat memulai toilet training ini soalnya gw perhatiin Celine tuh entah kenapa pas awal-awal gw ajak pee atau poop di toilet kaya yg ogah-ogahan terus kaya takut gitu gw dudukin di closet.

Manalagi anaknya kalo poop tuh sekali ngeden langsung keluar semua poopnya lagi terus lancar banget bisa ga ketahuan ekspresi mukanya kalo dia mau poop. Tapi gw pikir ga ada salahnya mulai toilet training, secara gw termasuk telat sepertinya. Karena sebelumnya mau fokus di nyapih baru nextnya toilet training.

Sambil tanya temen-temen di grup yg sudah sukses bisa toilet training, plus gw tanya nyokap juga gimana dulu.

Tahap pertama, gw siapin celana dulu yg banyak. Dalam hal ini gw siapin celana pop atau celana kaca mata istilahnya. Menurut nyokap gw, celana tipe ini cukup aman kalau seandainya tiba-tiba anak poop di celana, poopnya masih nyantol jadi ga bakalan jatuh ke lantai.

Btw sorry agak jorok tapi ini true story, temen gw ada yg pake celana dalam biasa pas anaknya mulai toilet training dan insiden horor itupun terjadi. Iya poop anaknya jatoh di lantai, jadi pas anaknya poop gak ketahuan karena temen gw lagi mandi terus pas selesai mandi, temen gw tau2 nemu “bom” di lantai rumahnya.

Jadi berdasarkan pengalaman itu, gw mantapkan hati dan jiwa raga pakai celana poop ja. Beruntung celana poop yg gw beli dulu waktu celine baby masih ada (soalnya gw beli kegedean) paha celine dulu pas lahiran kecil kurus jadi pakenya popok sama pampers. Awalnya gw sempet nyesel ngapain beli celana model gini terus ga kepake pula, cuma belakangan gw sangat bersyukur ternyata bisa bermanfaat sekarang gak sia2 *hahahahaha ter-emak2 banget*

Mulai proses toilet training ini bikin hati dan tenaga lelah, karena sebentar2 gw ajak celine ke toilet terus mulut juga pegel karena gw selalu tanya “mau pipis?” “Mau pup”ย  yang mana di permulaan tuh syusehhhhhh pake bangettt ngettt ngettt ngajakin anak ke toilet, terus sering banget pipis di celana atau pup di celana. Untung di rumah gw udah sedia cukup keset/kain bekas buat ngepel ompolnya.

Baru 3 hari, gw udah kaya yg mau give up ja gitu rasanya. Soalnya belum sejam aja kadang pipis tuh bisa seiprit-iprit berkali2 sampe cucian segunung. Tapi demi ya, demi anak bisaaaaaa. Mama berkorban hahahahahaha.

Gw sampe sediaiin beberapa celana poop bersih plus handuk kecil yg digantung di toilet, buat klo tiap pipis atau pup kan langsung gw cebokin nah jadi cepet tuh ganti celana sama lap2 nya.

Terus namanya juga masih belajar ya jadi sering banget gw kaya di “php-in” sama anak sendiri yg udah bilang mau pipis atau mau pup pas gw udah bawa ke toilet eh nggak keluar donk walau gw tunggu sampe 15-20 menitan dan ini cukup melelahkan secara sering banget php nya *kebayang kan kalo 5 x php, ya 5x jg gw bolak-balik ke toilet*

Kurang lebih 10 harian dengan tanpa hentinya gw bawelin “klo mau pipis atau pup tolong kasih tau mama” sama sebentar2 nanya “mau pipis?” “Mau pup?” Lama2 celine mulai ngerti, pas dia ngomongย  mau pipis, langsung gw bawa ke toilet dan kali ini suksesย (bukan php) bisa pipis beneran di toilet.

Gw di situ udah yg norak2 happy girang kaya ketiban duit sekarung hahahahaha. Langsung gw kasih reward boleh pencet tombol flush hahahaha sambil cebokin celine sambil gw senyum2 teriak “horeee” terus tepok2 girang *kalo dipikir2 gw lebay banget ya hahahaha* tapi liat gw girang heboh gitu, celine jg ikutan senyum2 loh (anggap aja dia ngerti gw puji kali ya atau jangan2 gw dikira badut lagi ngelawak XD hahahaha).

 

Tapi gw juga tau, baru bisa sekali belum tentu lancar gampang, setelahnya kadang pas timingnya kadang udah kebelet celine jadi masih pipis di celana. Akhirnya pipis pun lancar, masih ada poop yg masih jadi pe er.

Gw perhatiin celine kalo ketahuan poop itu kaya malu2 kucing gitu. Sering dia tau2 poop kan (mukanya datar gt, ga kliatan kalo poop. Tau2 bau ja, ini nih yg bikin keki kadang2). Nah pas gw tanya,” Celine, pup ya?” (Padahal gw tau dia abis poop dari baunya) eh bisa-bisanya dia jawab “belum-belum” *sambil lari kabur* Hadehhh gimana ga pusing coba, belakangan polanya berubah kalo pup dia tau2 ke pojokan terus berdiri gt dan ga sampe hitungan detik tau2 pup ja. Nah gw pernah pas dia mau pose-pose berdiri gitu langsung buru-buru gw bawa ke toilet eh malah nangis2 dan berujung batal pup. Dan ini udah beberapa kali Kaya gitu sampe akhirnya ya udah gw mikir, mungkin ga bisa secepat pipis prosesnya.

Gw sounding2 terus ja deh akhirnya kasih tau klo poop jangan di celana, klo mau pup tolong kasih tau mama jadi di toilet pupnya. Dan tepatnya udah 4 hari lalu sampai sekarang tiba2 Celine bisa kasih tau kalo dia mau pup.

Dan pas pertama kali, dia bisa kasih tau mau pup. Gw pun *again* heboh girang2 kasih tepuk tangan ke dia kalo Celine berhasil bisa pup sama pipis di toilet. Hahahaha mamamu ini lebay ya, Nak.

Sekarang masih ada pe er lagi yg menanti, yaitu bobo malem tanpa pampers karena pas bobo siang celine bisa ga pipis. Dan sekarang baru berhasil pake celana dari pagi sampai malam menjelang tidur. Semoga ke depannya bisa berhasil ya dan please walau sekarang lumayan lancar pipis sama pupnya tapi “php-nya” juga dihilangin hahahahaha ini kayaknya emang niat usil ngerjain mamanya. Pada akhirnya gak sia2 lah perjuangan gw berujung manis juga.

Gak kerasa udah panjang banget ya postingan gw, see you on my next posting ๐Ÿ˜€ semoga ga bosen-bosen baca postingan gw XD

Advertisements

Nyobain baby spa & baby massage

Yuhuuuu pakabar semua?

udah lama bgt belum sempet blog walking sama update blog karena satu dan banyak hal… Setelah bersedih2 untunglah masih ada hal yg bisa bikin senyum.

Kali ini mo ngebahas soal tempat pijit bayi, udah telat bgt ya secara anak gw jg udah 6 bulan lebih… Cuma gapapa donk mau nyobain hahaha, tergoda emak2 bloger yg bilang klo abis dipijit rata2 baby pada enak tidurnya hihihihi.

Awalnya mau coba baby spa & massage di Mom n Jo yg tersohor itu, cuma berhubung lokasi di Depok jd pengen cari yg agak deket2 gitu. Searching2 ketemu lah tempat baby spa & massage namanya Bubble & Me.

Dan ternyata Bubble & Me itu semacam anak perusahaan dari Mom n Jo, bedanya klo di Bubble & Me layanan yg disediakan hanya khusus untuk bayi & anak2 saja sementara klo di Mom n Jo selain buat anak, mamanya jg bisa ikutan hihihihi.

Yo wes lah coba ja buat anaknya, kesan pertama pas nyobain baby spa ternyata ok jg. Celine awalnya pemanasan dulu trus dipakein ban di leher trus berenang deh. Awal2 nangis takut, eitssss ga sampe bbrp menit kemudian malah seneng dia hahahahaha. Satu kolam kecil sekotak diputerin sama dia, trus pas waktunya udahan mo diangkat malah nangis kejer *ada yg keenakan berenang rupanya hehehehe*

IMG_20160526_002014

Ekspresi gemes seneng bisa berenang

Lanjut abis berenang, sesi pemijitan dimulai. Pijitnya gw tanya pake minyak zaitun, enak ya wanginya *baru tau, norak ya gw hihihihi* pas pijit nangis2 padahal pijitnya pelan loh, trus kenapa nangis? Ternyata masih mau berenang *gubrak hahahahaha*

Untung di situ banyak maenan, jadilah gw inisiatif bujuk rayu anak pake maenan supaya tenang pas dipijit. Pas dipijit, Celine sempet kentut2 hahahahaha bagus lah biar anginnya keluar jadi ga kembung.

Jpeg

Muka ngambek abis nangis, walau nangis tapi masih mau pegang maenan ๐Ÿ˜€ *abaikan papanya yg lg asyik maen hp*

Selesai pijit, langsung minta nyusu. Cukup lama sampe minta nyusu kiri kanan *laper barangkali kluar tenaga abis berenang plus nangis2*

Dan terbukti omongan ibu2 bloger, abis nyusu langsung bobo pulessss lesss… Boleh jg nih kpn2 klo ada rejeki pijit lg di sini hehehehehe.