Cocok-cocokan

Sebelumnya gw mau intro dulu, kulit muka gw tipikal yg berminyak dan mudah jerawatan plus gampang komedoan. Yah istilahnya kerennya oily and acne prone *minjem istilah para vlogger* hahahaha.

Belakangan ini gw makin sadar, kalo temen2 yg uda seusia gw mereka semakin jarang jerawatan atau malah ada yg ga Jerawatan lagi. Tapi, kenapa gw masih tetep jerawatan dan komedoan gini??? Why God? Whyyyy??? *lebay tingkat dewa*

Akhirnya gw mantengin baca2 artikel plus liat review2 para vlogger maupun “artis” Instagram soal yg kira2 punya kulit yg sama lah kaya gw permasalahannya.

Trus kan banyak jg ya yg tutorial DIY gitu2 yg keliatannya gampil plus mudah bahan2nya. Cumaaaa ya sodara2 ada beberapa yg ternyata ga cocok di muka gw atau bisa jadi gw nya kurang tekun kali yak ikutinnya.

Berikut yg gak cocok di gw,

  1. Pake lemon atau jeruk nipis di muka, ya gw liat banyak yg bilang ini ampuh bgt tapi pas gw cobain ya Tuhannnn perih kulit muka gw plus jadi kering dan klo ada jerawat langsung gak lama jerawat gw jadi pada mateng kaya gunung berapi mo meletus. Jadi fix, gw rasa ga cocok lah ini bwt gw.
  2. Kunyit, ya… Ya… Ini mang bagus bwt jerawat. Gw pernah coba kunyit+evoo sama kunyit+madu, apalagi yg pake madu ya,kulit gw jadi kaya kalem ada dingin walau sedikitttt dinginnya, cuman yah ada cumannya karena si kunyit ini kaya semacam detox kali ya jadi bagian yg belum muncul jerawat besok2nya tau2 nongol ja donk, emang sih ga lama kempes sendiri. Tapi jeleknya kulit gw, begitu kempes munculah bekas hitam2 *padahal ga gw apa2in, prettt bgt lah ya jerawat gw*
  3. Scrubbing, ini gw baca2 plus nonton katanya bagus bwt membasmi komedo. Ya gw semangat lah ya ikutin, dari scrubbing oat sampe scrubbing pake sabun. Jadi halusin kulit? Iya bener. Tapi tujuan utama gw membasmi komedo gagal total. Perlu kesabaran jg katanya, ok gw ikutin aja lah ya rutin gw lakuin sampe kurang lebih 3 bulan. Trus gw liat komedo gw tetep bertengger dengan manis  di muka gw. Parahnya ada beberapa di jidat sama pipi malah mulai tanda2 jadi jerawat. Yahhh salam, ga efek metode ini. Akhirnya gw nemu di youtube tentang Dr. Sandra Lee beliau ini expert lah di bidang kulit, dan pas gw liat video2nya gw nya malah merinding donk jadi ternyata banyak yg punya masalah komedo yg ga dikluarin trus lama2 si komedo malah membesar bahkan mengeras sampe pas dikeluarin tuh jadi bolong besar malah sampe ada yg perlu dibelek!!! Gileee bener, gw langsung jiper kan. Trus gw liat dia pake alat gt sama kapas/kasa alkohol jadilah buru2 gw cari plus pesen itu alat yg mirip fungsinya. Temen gw jg saranin pake alat jadinya ga berbekas, sementara selama ini gw zaman dulu selalu pencetin pake tangan *kemanaaaa aja yak gw* hahahahaha.

 

Nah tadi bagian yg ga cocok, sekarang bahas yg cocok.

  1. Cuka apel atau kerennya bilang ACV (apple cider vinegar) yg merk Bragg yg ada the mothernya *minjem lagi kata2 para vlogger* ini gw campur sama air terus gw jadiin toner. Efeknya kulit gw terutama yg berjerawat jadi calm down beberapa hari gw pake jerawat2 kempes trus ga sakit sama sekali. Hanya 1 yg musti tahan, baunyaaaa hahahaha gw tiap pake itu acv, sambil tahan2 napas plus klo pas malam gw pake suka dikomplen sama suami karena baunya yg strong banget *hahahaha maafkan ya,abis ini ampuh apalagi buat bruntusan.. jadi gimana donk ya wkwkwkwk, situ jauh2 ja lah klo eke lagi pake si acv yak* hahahahahahaha.
  2. Evoo sebagai oil cleanser, ini gw awal2nya ngerasa duh apaan sih muka gw uda minyakan malah cuci muka pake minyak. Berhubung pada bilang pentingnya double cleansing ya wess lah meneng ja gw cobain. Awalnya biasa2 ja cuma setelah 3 bulanan gw ngerasa kulit gw kaya yg lebih lembab ja. Ya bolehlah cocok gw terusin.
  3. Aloe vera, sebenernya lebih bagus yg asli ya apalagi di rumah gw banyak tinggal potek ja trus kelet terus tempel di muka hanyaaaa gw ga kuat sama baunya, kalo disuruh milih pilih bau acv yg asemmmm atau bau aloe vera alias si lidah buaya, gw pilih masih bisa tahan acv soalnya di hidung gw si aloe vera itu baunya kaya *bau ketek* wkwkwkwkwk gw pernah dulu coba pas zaman smp, sok2an olesin aloe vera ke kulit kepala gw tapi baunyaaa ya Tuhan, gw sampe yg mabok2 mo nahan muntah kaya cium bau ketek orang di kereta atau bis hahahaha langsung ga pake lama gw bilas trus keramas. Jadi alternatifnya, gw beli aloe vera yg dijual misalnya merk Nature republic *yg suka mantengin skincare korea pasti tau lah ya bekennya si Aloe vera from nature republic* klo yg beli2 gini setidaknya bau aloe veranya yg macam bau ketek itu uda ilang hahahahaha jadi gw bisa pake tanpa siksaan wkwkwkwk. Ini efeknya kaya cooling down kulit2 yg lagi meradang gt, trus dingin2 pas dipake pokoknya cocoklah di gw

Ok kayaknya gw uda kepanjangan ya banyak ngomong soal cocok-cocokan ini, dari sini gw tarik kesimpulan klo cobain skincare mau yg beli atau yg DIY gini ya cocok-cocokan lah sama perlu trial and error sampe nemu yg cocok.

Next kapan2 *kalo sempet* gw mo bahas skincare yg edisi bukan DIY yg menurut gw cocok di gw, walau gw ya masih anak bawang di dunia per-skincare-an ini hahahaha hanya niat gw mo sharing ja pengalaman gw.

Advertisements

15 thoughts on “Cocok-cocokan

  1. Aku sudah 2tahun ini pake home remedy untuk skin care wajah. Biasanya pagi dan sore pake coconut oil di seluruh wajah sambil di massage trus cuci dg sabun muka. Seminggu 2x scrub ( coconut oil + baking soda ) scrub ini bikin komeda ilang jreng jreng gak balik lagi 😍 jadi aku g komedoan deh sekarang 😍 . Untuk toner aku jg bikin dari campuran ACV + air + argan oil 😍 kulit muka ku terjaga sepanjang musim 😇 mau musim semi panas autum dan winter pun gak ada masalah lagi. Biasanya klo winter wajahku kusam dan keriiiing. Skrg udah gak lagi 😇

    Like

  2. Naaa kemaren gue pulang ke Batam itu nyokap ternyata ada ACV Bragg, dia minum tiap hari. Trus gue beli botol kecil rencananya buat nampung tuh ACV bawa ke Jakarta, eh kelupaaannn huhuhuhu. Kayaknya kudu beli di shopee ato tunggu Desember pas emak gue maen ke Jkt lagi hahaha

    Like

  3. Gw abis lahiran Puji Tuhan jerawat berkurang.. errr.. Tapi komedo tetep banyak.. *malah tambah banyak setelah pindah rumah..hissshh.. Dibutuhkan niat yg besar ya bikin DIY gini.. Kamu hebattt..

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s