How to survive as full time mom

Hai semua apa kabar? Kali ini gw baru sempet muncul lagi buat nulis. Kali ini gw mau bahas tepatnya sharing pengalaman gw ja gimana bisa ngurus anak & rumah, tanpa pembantu serta tanpa suster.

  • Pertama, buang jauh-jauh pikiran klo rumah harus semua serba beres sempurna. Wajarlah klo ada satu atau dua atau lebih pekerjaan rumah yg ga bisa selesai semua sekaligus. Contoh hari ini ga sempet cuci piring, ok lah masih ada hari esok *dunia ga bakal kiamat jg klo ga cuci piring sehari, ye kan?* πŸ˜€ Β Kenapa gw bisa berpikiran gini sekarang? Karena gw pernah maksain semua rapi dan beres namun berakhir dengan gw harus dirawat inap di RS 3 hari Β T___T
  • Pergunakan alat2 yg bisa membantu supaya jaga anak lebih mudah. Contoh bouncer (ini kepake banget buat bikin anak anteng duduk plus bisa juga sebagai kursi pas anak makan untuk pertama kalinya klo anak blum bisa duduk tegak), high chair atau booster seat (ini juga kepake gak hanya sebagai tempat nyuapin anak tapi bisa juga bikin anak anteng duduk sambil gw nyapu dan ngepel), baby fence (ini kepake banget buat jagain anak biar ga kemana2 klo lagi beberes atau pas gw masak, fungsinya buat anak belajar merambat,berdiri, arena bermain sama yg tadi gw bilang biar ga kemana2 klo gw lagi beberes. Buat yg rumahnya ada tangga, bs juga bagian baby fences dicopot satu sampai 2 biji plus biar lebih yakin diiket pake tali rafia ke tangga jd si baby ga naik turun tangga mulu *encok pinggang mama*), gendongan (ini juga kepake banget klo anak lagi pengen digendong, bayangin gendong anak 10kg cuma pake tangan trus anak maunya digendong lama, ga kuat tangan mama *walau tangan uda berotot XD. alat2 ini semua ga harus beli, tergantung budget masing2. Mo beli monggo, mo sewa jg monggo. Kunci biar anak betah, dibiasain sejak dini plus taro banyak maenan atau makanan XD

images (4)
images (5)
unnamed
images (2)
images (3)

  • Setel lagu anak2, bukan berarti kasih liat youtube terus2an ya. Sesekali klo anak lagi bosen,boleh lah kasih liat sebentar. Klo gw seringnya gw kasih denger tapi hp nya gw balik, jd cm kedengeran suaranya ja. Ini jg lumayan membantu anak jadi anteng karena denger lagu2.
  • Pas anak bobo, gw jarang ikutan bobo *ini miris sih sebenernya, cuma ya sayang ja gt waktunya mending gw pake bwt beres2, cuci piring atau masak atau mandi hahahaha.
  • Ga usah perfect soal kerapihan di rumah (ini perlu juga komitmen sama suami ya) misal gw cuma setrika baju bwt suami kerja atau pas kondangan atau pergi2. Baju2 bwt di rumah cukup cuci dan jemur sajah. Ya kali klo suruh gw setrika semua bisa jadi monster atau gorilla gw ngamuk2 hahahaha. Lagian siapa yg mau liat qta bernecis2 ria di rumah? Dan yg penting, listrik mahalll kakak! (Anggaplah ini sebagai salah satu upaya menghemat biaya listrik Β & hemat energi ) hahahahahaha, berhubung suami jg tipe yg cuek sama hal2 receh jadilah setuju *peluk erat suami XD

Yak, demikian sharing gw soal gimana gw sehari2 mengatasi kesibukan di rumah tangga. Yg mana waktu gw amat terbatas tapi banyak yg perlu dikerjain hihihihi. Satu kunci biar ga pusing atau stress “enjoy aja dan bersyukur” toh gw jg bukan manusia sempurna jadi ya wajar ja klo rumah gw dan isinya juga ga sempurna hahahahaha *alibi pembelaan. Dibawa happy qtanya juga ikut happy.

Yuk ah, gw mo lanjut dulu kerja lipet2 baju dari jemuran XD

22 thoughts on “How to survive as full time mom

  1. Aku salut banget… di Path tuh banyak temen2ku ngeluh **padahal d rumahnya ada suster plus ART** nemu yg ngurus anak full sendiri itu bener2 jarang πŸ™‚
    Aku ga punya anak, tapi ya kerja — dan rumah juga berantakan dong hahaha, cucian pasti numpuk dsb, ya dimaklumin aja deh kalo kerja pulangnya kerjaan rumah terus yang ada stress πŸ™‚

    Like

    • Makasih 😊 hahahaha iya bersyukur ja walau kondisi rumah kaya kapal pecah tapi bisa dicicil dikit2 diberesin walau ga sempurna, tp liat perkembangan anak jadi salah satu yg bisa gw kadang lupa sama capenya ngurus rumah.
      Ya,blm ada anak jg sama selama ga ada pembantu ya mau ga mau qta jg hrs beberes dan itu jg cape huhuhuhu.

      Like

  2. Hahahaa. Gw jadi inget dimana masa2 gw balik sendiri ke apartemen. Bener sih. Gw masih belom bisa nurunin standart gw kalo rumah harus rapi. Makanya yg ada cape sendiri ya. Padahal waktu itu masih NB harusnya lebih gampang diurus. Wkwkwkwkw

    Like

  3. Abis ini ak bikin topik how to survive as working wife haha, bener2 klo hrs sempurna bs jd gorilla neh gak pas wed prepare aja jd bridezilla abis nikah jd wifezilla huhu. Enjoy ya na, untungna bs liat perkembangan anak dr hr ke hr nya yaa πŸ™‚

    Like

    • Coba sewa ja Lip, jd dites dulu Rei betqh atau ngga. Celine angot2an kadang betah kadang ada lah nangis2 dikit klo uda bosen cuma berhubung sering ditaroin maenan,buku,sm makanan paling nangis bentaran dan berakhir dgn anteng asyik maen atau makanin cemilannya di baby fence hahahaha.

      Like

  4. Vin, gue selalu salut sama full time mom πŸ™‚ menurut gue tantangan paling berat jd FTM itu rasa jenuh dan bosan di rumah..salut sama u vin..^^
    Beruntungnya celine tiap hari bisa main sama mamanya…^^
    semoga nanti gue juga bisa nyusul jadi FTM yaa..hihihi

    Like

    • Makasih Nat, hahahahaha semua yg jadi mama hebat mau ftm atau working mom.
      Ya memang sk bosen sama jenuh Nat, cm berhubung ga ada art kdg sampe lupa jenuhnya gara2 beberes sm urus anak, dgn chat di grup,denger lagu, sama sesekali browsing2 jg bisa jadi penghapus jenuh gw.
      Aminnnn smoga suatu saat U bisa full maen sm Ryu dan dedeknya Ryu ya 😊 percayalah rasa cape,bosen,dll klo uda liat anak bisa ilang 😊 kadang badan mo ambruk klo lg cape tp liat anak senyum ketawa, entah kekuatan dr mana bisa tau2 kuat lg nemenin maen *misterious power bagaikan power ranger hahahahaha

      Like

  5. Vin, kalo mba pulang hari gue ga masuk, gue juga cm lipet baju2 rumah doank, wkwkwkwk. Abisnya gue pikir tokh dipake dirumah doank kan *c males, lol*
    smangattt ya Vin, lepas dari apapun lo uda hebat bgt bisa survive en betul deh ttp kudu bersyukur πŸ™‚

    Like

    • Ya Ping, anggaplah ini sebagai upaya istri cerdas dlm menghemat biaya listrik & hemat energi hahahahahahaha *alibi bgt ya.
      Apalagi ada art harian, sayang Ping tenaga u hahahahaha didayagunakan aja mba art nya XD
      Makasih Ping, U jg hebat bisa jaga Bryna di rumah. Ya qta mah bersyukur ja, yg penting sehat uda happy πŸ˜€
      Ada bbrp kerjaan rmh belum kelar,merem2 ja lah bsk masih bisa dikerjain hehehehe.

      Like

  6. Yang penting semua ttp waras n aman ya vin…ada yg miss ya udhlah mari kita merem aja hahahhaa gw jg gt lbh mikir ya udh pokokny anak ma suami keurus n rumah ndk kotor aja…klo ndk bnran bs kek moster d rumah hahahah

    Like

  7. Gw juga sudah menurunkan idealisme diri kalau rumah harus rapi kaya showroom furniture hahahaa…
    Semangat yah Vin…tar tau2 anak udah gedean dikit sekolah bisa lebih santai walau ini ribetnya beda lagi kudu anter jemput πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    Like

  8. Sebenernya ya kalau gue lihat nih, berdasarkan chatting2an gue dengan temen-temen di Indonesia, kayaknya di Indonesia aja yang emak-emak ribut banget dan stress banget kalau nggak ada helper. Sementara kalau di LN dan negara maju di mana orang pada gak punya helper, mau punya anak 1-2-3 juga tetep aja harus berjibaku sendirian kan. Kemarin ini gue baru bahas juga sama temen, ujung2nya karena tenaga kerja masih terjangkau di Indonesia, emak-emaknya jadi manja dikit hahahaha.

    Like

Leave a Reply

