Review Clodi, alas ompol & tips cuci baju baby

Halo gimana kabar semuanya? Semoga baik2 aja ya πŸ˜ƒ Maapkeun daku yg lama absen di blog walking sama nulis blog 😞 ada bos kecil yg jadi prioritas,jadi sulit membagi waktu hehehehehe

Ok, langsung ja nih. Gw mo review sedikit clodi (cloth diaper) sama alas ompol yg dipake sama Celine.

Klo boleh diambil kesimpulan, clodi2 berfungsi dengan baik, lumayan bisa nampung pipis tanpa takut “currrr” kaya popok kaen biasa, cuma ya namanya jg kain ya. Klo ud ga kuat nampung jadinya lembab2 gt, klo ini sih Β mamanya aja yg rajin2 cek liat πŸ˜‚

Dari semua clodi yg Celine pakai, masing2 ada kelebihan sama ada jg kekurangannya. Sebelumnya gw jelasin dulu klo clodi ini terdiri dari 2 bagian cover sama insertnya.

Untuk insert, ud nyobain yg dari bahan kain microfiber, bamboo, litty sama alas ompol. Untuk daya serap cepat microfiber jagonya, untuk daya serap tahan lama bamboo jagonya klo litty sama alas ompol kelebihannya cepat kering klo dijemur. Yup, semua ud dicobain tapi yg paling banyak gw sedia stok ya si alas ompol ini πŸ˜‚ harganya paling ekonomis, cepet kering plus tangguh mau disikat, dibanting2, diperes keras juga oke πŸ˜€ saat ini pake alas ompol merk m*m*ey sama b*by *z

00cec7f5d92ac8143ec787be890e129f

 

Klo untuk covernya gw ud coba bermacam2 tipe dari yg bahan PUL, minky,fleece, sampe model coveria sama pocket. Kesimpulannya untuk cover sama ja bagusnya, cuma klo mau cari yg lembuttt bgt bisa pilih bahan fleece merk Enph*l*a paling unik karena selain lembut bisa jg dwifungsi jadi training pants.

Untuk merk2 yg gw coba ada dari yg harganya lumayan smp termurah dan semua ok2 ja di Celine.

Merk yg gw coba itu merk p*mp*m, enph*l*a, p*mpk*ns, g*, cl*eb*b*, gl*d b*by, q*anq*n*i, l*v*ly sama s*k*na hehehehe banyak ya πŸ˜‰ total ada selusin sajah kok (ada yg beli 2 atau satu)

Untuk pencuciannya dibilang gampang2 susah bwt insert clodi terutama yg bahan kain microfiber, bamboo sama litty karena cocoknya pakai detergen yg tidak mengandung pewangi,pelembut dan pemutih. Nah, bingung kan apalagi detergen baju baby kan ada pewangi sm pelembutnya. Trus gmn donk? Solusinya ada 2, pertama cuci pk detergen khusus clodi merknya Ultr*c* atau eco w*sh atau kedua bisa pakai detergen baby biasa trs klo dirasa insert kaku atau berbau karena residu detergen bisa dicuci pakai air anget saja tanpa sabun berulang2 trs jemur.

Berhubung gw ga mau ribet jadilah gw pakai cara pertama saja dan sampai sekarang semua masih berfungsi dengan baik πŸ˜‰

b0a9d288cae1e536a39a2c7591661307

Oya bagi yg niat mau pakai clodi dari baby New born jg bs loh, alternatif daripada popok kain yg tipis itu wkwkwkwk. Ada size khusus NB dan enaknya qta ga usah gonta-ganti kaen bedong, celana, baju,dsb cukup clodinya ja *lumayan bgt kan ngurangin cucian*

Tapi gw ingetin buat yg mau pake clodi, perlu rajin2 cek, ud basah atau belum sama klo kena noda pup lgs siram pake jet spray di toilet trus langsung cuci, klo pipis bs dicuci pk mesin cuci

Tapi klo ga sempet cuci mencuci bisa alternatif termudah & terpraktis, pakai ja pampers beres πŸ˜‚

Untuk alasan kenapa gw pakai clodi bisa dibacaΒ di sini

Tapi bukan berarti gw anti pake pampers ya, gw tetep pake pampers klo pergi2 sama klo uda jam 10 malam ke atas pas Celine mau bobo malem baru dipakein.

Bisa dibilang mengirit karena sehari jadi cuma 1-2 pampers ja sehari. Lumayan bgt lah jadi ga sering2 beli pampers πŸ˜‰

Trus klo mau pake clodi yg ekonomis, gak ribet cucinya, cepet kering klo abis dicuci plus daya serapnya lumayan apa donk?

Klo gw saranin, beli clodi cukup covernya ja (tanpa insert) dan buat insertnya bisa pake alas ompol.

Untuk cuci pakaian baby terutama noda pup, gw biasa pake sabun batang bayi. Ga perlu kucek heboh, ga perlu ekstra power buat sikat noda di baju baby cepet ilang.

Trus kalo baju baby kena noda seperti buah naga misalnya, langsung siram kucek pakai sabun batangan baby atau sabun cuci tangan buat ilangin nodanya.

Sayangnya buat noda karat atau air kuning trik ini ga berlaku 😭

Yap segini dulu review sama tips dari gw, smoga bermanfaat πŸ˜ƒ