Sharing about lahiran sesar & mitos kehamilan

Sebenernya udah lama juga ide nulis hal ini ada di pikiran gw cuma berhubung belum ada waktu, jadilah sekarang baru bisa sempet nulis hehehehehehe.

 

mitos2

Di sini gw hanya mau sharing apa yang gw rasain dan alami siapa tahu bisa menambah informasi, tapi bukan berarti bisa dijadikan patokan *kondisi fisik tiap orang beda-beda*

  • Sehabis operasi sesar klo belum sorry *kentut* ngga boleh minum. Itu ga sepenuhnya benar, awalnya gw udah parno kan akibat seringnya orang2 bilang “inget abis operasi sesar, klo belum kentut jangan minum nanti U bisa kenapa2” alias mati. gara2 itulah gw sampe nahan minum hampir satu setengah hari soalnya gw belum kentut2 juga abis operasi sesar, suster2 akhirnya kasih penjelasan ke gw klo minum sedikit-sedikit sehabis operasi sesar itu boleh dengan catatan sudah 6 jam karena operasi sesar ini bius lokal bukan total. Dasarnya gw yg ketakutan yah, gw masih keukeh tunggu sampe abis kentut tapi suster udah marah2 gara2 pipis gw jadi dikit bgt di kateter hahahahaha gw sampe telpon temen gw satu per satu yg sesar and tanggapan mereka beda2 ada yg blg jangan, ada yg blg gak apa2, and ada jg yang masih tidur ga bisa angkat telpon hahahahahaha. Akhirnya bermodalkan nekat & percaya sama 1 temen gw yg bilang gak apa2, gw pun minum sebelum kentut! Hasilnya yup aman, terbukti gw masih sehat walafiat 😀

5549d39e0423bddb028b4567

  • Jangan keramas sehabis 40 hari, gw maksimal tahan 10 hari ga keramas and itu udah mau pingsan rasanya akibat bau and ga betahnya rambut ga dikeramasin berhari2. Akhirnya nekat keramas juga pake air hangat and see until now I’m not feel anothing that make me sick. iseng2 searching ketemu artikel yg bilang , “gpp klo keramas abis lahiran dengan catatan menggunakan air hangat karena sehabis lahiran pori2 di kepala terbuka jadi untuk meminimalisir masuk angin, gunakan air hangat”

keramas-rambut

  • Untuk yg chinese alias keturunan Tiong hoa biasanya setelah lahiran qta disuruh diem di kamar malah ada yg sampe disuruh diem aja di tempat tidur aja klo ngga entar jahitan lahiran/sesar bisa kebuka dan berbahaya. Kenyataannya gw abis sesar cm disuruh tidur beberapa jam setelah itu dilatih sering miring ke kiri and ke kanan *walau agak sakit* tapi ternyata banyak gerak malah membantu luka untuk cepat kering dan rapat karena dengan bergerak kulit menjadi lebih elastis *tapi jgn over jg ya gerakannya, cukup seperti nyanyian di band Kotak “Pelan-pelan saja….” hahahahaha

Hunter_Month36_sick

  • Oya ada juga tradisi wajib makan ayam arak atau obat2 tradisional tertentu, kebetulan gw vegetarian jadi gw ga makan ayam arak and gw ga minum juga obat2 tradisional selaen obat dari dokter and sampe sekarang gw sehat2 ja. Jadi jgn kaemakan omongan “entar u klo ga makan atau minum ini jd begini begitu lah bla bla bla”
  • Yang operasi sesar pasti karena ga mau ngerasain sakit, helowww tlg jangan salah sangka ya. Keputusan buat sesar itu macem2 contohnya gw yg walau udah bukaan 10 tp anak ga bisa keluar gara2 pinggul gw sempit. Lah klo dipaksain gmn? adanya malah membahayakan jiwa gw sama anak gw. Trus bnyk yg bilang klo ga lahir normal, bukan ibu sejati namanya. Plisss deh itu cuma proses ya, yg penting anak sehat dirawat mamanya titik.
  • klo hamil jangan tidur siang nanti anaknya gede, hahahaha kebetulan waktu hamil gw suka tidur siang tapi pas lahiran berat badan anak gw normal2 aja tuh. gak apa2 lah klo mau istirahat toh bumil kan ga blh cape2 😛
  • klo lagi hamil jangan suka pergi malem2 entar takut kenapa2, sebenernya klo hati2 sih ga kenapa2 ya secara gw klo ke dokter sore soalnya prakter dokter gw sore sampai malem. klo dgn doa sama hati2 diyakini aja aman kok 😀

 

yah segini dulu yg gw alamin klo ada yg mo nambah silakan komen di mari 🙂

 

 

 

31 thoughts on “Sharing about lahiran sesar & mitos kehamilan

  1. Na, kalo sebelum lahiran kemarin u ada cek ukuran pinggul ga? Kmarin dokter gw bilang nanti uda masuk 36 week mau cek pinggul.. Apa setelah cek pun mmg ada kemungkinan kaya u gt ya? *biar mudeng*

    Kalo orang bilang lahiran sc itu bukan ibu sejati mah gelo na.. Wong sama sama sakit, sama sama cape, sama sama keluar duit juga,,, hahaha….. Mulut orang mah ada aja 😦 Dikira itu anak abis keluar ditelantarin gitu sama ibu sectio cesarian??? Sama sama diurus uga tho anaknya..

    Like

  2. Yang keramas g tahan 3minggu Na, hahahaha en g keramas as a bday gift dah :p

    mitos2 gitu emank banyak beredar, kalo g ya selama masuk logika ya gpp dink diikutin tp kalo engga, wes ga usah

    Like

  3. Setuju! Apalagi yg soal keramas. Gua 3 hari aja udah keramas di rs. Ga tahan banget rasanya lepek2. Ngerasa dekil. Ga ada yg gua ikutin satupun dari pantangan ibu2 sehabis melahirkan itu. Sampai sekarang baik2 aja. Although mertua gua tetep ngingetin sakitnya bukan sekarang tapi pas tua nanti. Ya ga tau deh ya.. tapi kalo kita niatnya mau bersih dan sehat mah tuanya semoga baik2 aja..

    Like

  4. Ceceku abis lahiran normal langsung keramas *btw dia tinggal dan lahiran di ausie* so gk ada pantang2an yang kaya di atas Na dan bener sih dia gk kenapa2, yg kt bs ikudin yaa ikudin yang engga yauda 🙂

    Like

  5. Thanks buat sharing nya ya na..
    gw baru tau kalo abis operasi mesti nunggu kentut dl. Pasti tersiksa bgt nahan minum padahal berasa haus. Huhuhu..

    Like

  6. Na. Gw hari ini lahiran. Besok keramas. Ahaha. Belom ada 24 jam malah. Lol. Temen gw selalu ngomong kaya gini.. Org bule gak kebanyakan mitos idup2 aja. Ahahaha. Jarang denger bule sakit rematik. Lol. Katanya kali belom 40 hari bakalan sering rematik. Pegel2 bahkan tulang cepet keropos.

    Like

  7. Gue dikasihtau mertua soal keramas. Trus gue ngotot gpp asal pake air anget. Trus mertua cuma ngancem secara ga langsung “Yah sekarang ga rasa apa-apa, nanti udah tua baru tau rasa lah…” HAHAHAHA. Agak males dengernya, tapi ya sebenernya buat kebaikan gue juga krn mertua kan bermaksud biar gue ga sakit ya… CUMA YA ABSURD BANGET ITU MAAAA hahahah.
    Apalagi kalo ga dikeramasin kan jorok ya, banyak kuman dong, trus kita gendong2 cium2 anak pula.
    Mertua abis itu menenangkan bilang “Kan sekarang ada DRY SHAMPOO….”

    ….yaudah deh liat ntar aja deh ya. Hahahahah.

    Like

  8. nah.. g jg mikirin soal keramas itu sih,na. jg dgn yg comparing org bule baik2 aja.
    tp klo personally, mgkn -catet- mungkiiin g akn cb tahanin 30 hr (ajah) . krn nykp g jg blg emang above 40. n tmn2 g yg lahiran ud 30an ank kedua gt jg blg fisik ud beda nih. jd ya g mkr blm ngalamin 40s ga ada salahnya d dicoba aja. (klo tahan).
    trz knp bule bisa bae2 aja, tp scr fisik lahir aja org asia kn beda dgn org europa dll gt. jd compare dgn ce2 bule ga bs disamain. trz mgkn jg mereka byk olahraga, makanan mereka beda yg calsium contains (ini sih argumen tmn g sih) wkwkwk..
    dipkr2 iya sih..ga cm fisik, gen, dna, rhesus aja beda. yaaaa.. mgkn nanti g sdkt nurut (sedikit ajah klo kuat iman). wkwkwk
    soal minum g dl operasi ubuntu aja ga blg mnm sampe kentut. nyiksa. g aj lp kentut or ga wkt tu. cm perasaan sih ud kentut, jd minum2 aja d. ^^

    n klo diblg caesar tkt sakit ya? g akan dgn pede aja blg emang klo g mah (cuek dah pd blg apa). hehehe.

    Like

  9. gua cuma tahan 2 minggu, abis itu keramas hahahaha… yang ga boleh itu makan deh setau gua, kalo minum boleh… dulu gua tetep minum walaupun belom kentut… abis kentut baru makan dikit2…

    mertua gua mitosnya lebih banyak lagi, secara orang jawa… yang paling sering dibilangin pas hamil tuh…ga boleh bunuh binatang… gua nurut sih kadang2… ya nyamuk kalo ga dimatiin kan repot hahahaha…

    Like

  10. Nyokap masih sering ngomongin soal ini nih, tapi berhubung sampe sekarang masih belum punya anak, cuma iya iya aja *sambil ngebatin ribet amat ya 😛 *
    Ternyata mitos itu udah gak berlaku lagi ya, Umm kalo dipikir bebrapa emang agak konyol sih, misalkan kayak gak boleh keramas 40 hari, alamaaak bisa pingsan kali 😀

    Like

  11. hahaha emang banyak ya mitos2 kaya gitu, abis lahiran gue juga langsung keramas na gak betah lengket2 hahaha terus yang gue ikutin paling cuma yg pake air anget kl mandi, pake sendal dan minyak kayu putih udah itu aja sih yang lain mah santai aja gue tp gak kenapa2 sampe sekarang XD

    Like

  12. Mitos kaya gitu emang byk bgt yah Na, kadang ngikutin buat nyenengin orang tua aja walaupun yg ngelakuin blom tentu seneng dan terpaksa ahahahah.

    Waktu itu kayanya cm tahan 2 mg keranas air anget diem2 lgs hair dryer huahaahah

    Like

  13. gua juga abis caesar sore besok paginya udah minum padahal belum kentut,…haha yaa minumnya juga dikit-dikit,….

    eh btw vina vegetarian sejak kapan?

    trus klo keramas gua cuma tahan seminggu vin,…tmn g ada sampe 40 hari…mantapp bangett… biasanya yang keturunan chinese dari daerah yang masih kekeh harus 40 hari….

    Like

    • iya Nat, gw sampe parno gara2 blom kentut >_< kemakan omongan org2 sampe haus2 gw tahanin.
      dr umur 8 thn gw vegetarian hahahaha cm gw bkn yg strict. telor,susu,madu & roti masih makan. yg pantang ikan,daging sapi,ayam,dan kawan2nya :-p

      gileee bs smp 40 hari, masih totok sih ya biasanya klo yg dr daerah.

      Like

  14. Sampai skrg sih gw belum ada omongan apa2 dari ortu, krn ortu juga bukan tipe yg percaya mitos. Makanya kek skrg hamil pun ga yg bawa benda tajam kecil, atau apalah.. Terus masih suka pulang malam :p Pokoknya selama cek dokter ok, berarti aman 😀

    Like

Leave a Reply

